BatamKepulauan Riau

Fasilitas Umum Di Batam Akan Disemprot Disinfektan, Ini Lokasinya

Lihatkepri.com, Batam – Pemerintah Kota Batam bersama TNI-Polri melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa fasilitas umum.

Penyemprotan ini terkait dengan upaya pencegahan penularan corona virus disease (Covid-19) khususnya di sarana publik.

Kegiatan tersebut dimulai dengan apel yang digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kamis (25/3). Apel kali ini berbeda dari biasanya, karena menerapkan physical distancing, jarak fisik antar peserta apel.

“Rekan-rekan dari TNI-Polri, rekan-rekan dari Damkar dan Satpol PP yang ikut dalam satu tim untuk pelaksanaan penyemprotan wilayah fasilitas umum yang ada di Kota Batam, tugas ini adalah tigas kita bersama. Anggap ini ibadah kita untuk membantu masyarakat. Jadikan amal ibadah, laksanakan dengan ikhlas,” kata Komandan Kodim 0316/Batam, Letkol Inf Ahmad Daud Harahap.

Menurutnya kegiatan penyemprotan disinfektan ini sudah pernah dilaksanakan. Namun dalam waktu tiga hari ke depan, akan dilaksanakan dalam skala besar.

“Beberapa faislitas umum yang sering digunakan masyarakat akan kita semprot. Untuk mengantisipasi adanya virus yang mungkin ada di wilayah tersebut. Kita berupaya membersihkan fasilitas itu karena sering digunakan masyarakat,” tuturnya.

Menurut Dandim, pemerintah bersama instansi terkait sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Namun karena melihat semakin banyak orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), perlu upaya yang lebih masif dan maksimal.

Atas dasar itu juga pemerintah berupaya selalu menyampaikan ke masyarakat, untuk berdiam diri di rumah atau mengisolasi diri, stay at home, untuk mencegah penularan Covid-19.

“Lakukan yang bisa kita buat. Dan selalu berdoa agar diri kita, keluarga, masyarakat Kota Batam seluruhnya mendapat perlindungan dari penyakit Covid-19 ini,” ujarnya.

“Diri kita pribadi juga harus menjaga kesehatan kita. Setelah kegiatan apapun, ketika kembali ke rumah hal yang penting dilakukan adalah mencuci tangan, mebersihkan diri, ganti baju. Jangan langsung menyentuh anak, istri, dan lain-lainnya. Kita harap kegiatan ini bermanfaat,” sambung Ahmad Daud.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam, Azman mengatakan selama tiga hari ini, Kamis-Sabtu (26-28/3), penyemprotan akan dilakukan di tiga wilayah secara bergiliran.

Adapun lokasi yang akan disemprot antara lain Kantor Pemko Batam, DPRD Kota Batam, Pelabuhan Batam Centre, dan Asrama Haji Batam Centre untuk wilayah Kecamatan Batam Kota.

Selanjutnya di Kecamatan Batuaji tim akan melakukan penyemprotan di sekitar RSUD Embung Fatimah dan Kampus Universitas Riau Kepulauan.

Kemudian di Kecamatan Sekupang, lokasi yang akan disemprot antara lain Pelabuhan Pancung Sekupang, Pelabuhan Domestik Sekupang, Kantor KPU Batam, dan Masjid Baiturrahman (Media Center Batam )

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close