Kepulauan RiauTanjungpinang

Pertunjukan Gurindam 12 Purnama Akan Digelar di Pulau Penyengat

Lihatkepri.com, Tanjungpinang – Pertunjukan Gurindam 12 Purnama Akan Digelar di Pulau Penyengat, rencananya, Sabtu (21/12) malam esok sekumpulan seniman Tanjungpinang bersatu untuk menggelar pesta kesenian yang tak biasa.

Gurindam 12 Purnama

Ruki Daryudi dari Tankcer Dance Studio Tanjungpinang, yang menginisiasi acara ini, Jumat (20/12) mengatakan bahwa yang bikin berbeda, acara kali ini tidak diadakan di balai adat maupun panggung seberang masjid.

“Tapi di pelataran Gedung Istana Kantor,” katanya

Menurutnta, ini kali pertama area situs bersejarah itu akan dijadikan lokasi pertunjukan kesenian. Ruki menyebutkan, area itu akan dikemas penuh cahaya dan menyajikan panggung yang berbeda.

“Apalagi bertepatan dengan bulan purnama,” ujar koreografer satu ini.

Tak heran jikalau gelar seni Gurindam 12 Purnama juga dihadiri oleh seniman-seniman dari luar daerah. Ada dari Jawa Barat, Padang, Riau, juga Lingga dan pasti seniman terbaik Tanjungpinang.

“Akan ikut tampil Fathurrahman Said dari Peneroka Daya Tari Singapura,” uajrnya

Adapun kesenian yang akan ditampilkan di pentas Gurindam 12 Purnama variatif. Ada tari tunggal. Ada kreasi tari kelompok. Musik tunggal. Juga musik kelompok. Belum lagi ada pula penampilan monolog. Keragaman di atas panggung ini niscaya akan menjadi pertunjukan yang berbeda ketika ditampilkan di pelataran Gedung Istana Kantor.

“Variasi ini yang membuat pertunjukan tahun ini jadi lebih berbeda dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya

Dalam hal ini Ketua Dewan Kesenian Kepri, Raja Ahmad Helmi pun tak kalah antusias dengan pertunjukan Gurindam 12 Purnama. Menurutnya, Tanjungpinang perlu lebih banyak pentas-pentas seni semacam ini. Apalagi, jenis pentas mandiri dari seniman-seniman yang tak melulu mengandalkan agenda pemerintah.

“Dengan begitu, kami berharap bisa semakin menyemarakkan iklim berkesenian di kota ini,” ujarnya

Tags
Show More
Kepriwebsite

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close